1. HOME
  2. SENI BUDAYA

Chef Juna harap masakan khas Tabanan mampu tembus dunia internasional

Dia selalu terinspirasi ragam kuliner asal Bali

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 18 Juli 2017 00:05

Merdeka.com, Tabanan - Bali memang punya cerita tersendiri bagi juru koki nasional Chef Juna. Lelaki yang bernama lengkap Juna Rorimpandey itu memang punya masa kecil dan tumbuh besar di pulau Dewata itu selalu terinspirasi ragam kuliner lingkungan kecilnya.

Chef Juna yang mengaku tak melewatkan kesempatan buat didapuk menjadi juri masak di gelaran Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017 beberapa waktu lalu. Menurutnya, acara tersebut, memang sudah direncanakan dengan baik dan berjalan sesuai dengan konsep sedari awal.

"Event ini memang terencana dengan baik. Saya dikasih proposal, baru kali ini proposal begitu apik. Padahal dari tiga bulan yang lalu. Saya melihat antusiasme yang besar di acara ini. Semoga event ini bisa menjadi event tahunan," katanya di Bali, Selasa (18/7).

Dalam kesempatan itu, chef Juna melakukan demo masak kuwir alias bebek. Selain babi, bebek memang menjadi makanan khas orang Bali. Lelaki yang dipenuhi rajah itu sendiri mengaku sangat tertantang ketika diminta untuk mengolah bebek dengan kreasinya sendiri.

"Saya memang suka makanan yang aneh-aneh. Selain sapi dan ayam, saya kalau masuk ke tempat makan, pasti cari daging yang lain. Dan bebek ini bisa dimasak dengan berbagai kreasi, bisa digoreng, dibakar, atau dipepes," sambung Chef Juna.

Di Tanah Lot Kreatif Food and Art Festival, Chef Juna memasak pepes kuwir. Demo memasak itu ditunjukkan di depan ribuan penonton dan Bupati Tabanan, Eka Wiryastuti.

"Dengan festival ini, saya harap kuliner Bali, khususnya Tabanan bisa semakin terkenal. Bahkan hingga ke luar negeri," harap Chef Juna.

Usai demo memasak, Chef Juna kemudian menjadi juri untuk delapan sekolah SMA
di Kabupaten Tabanan yang mengikuti lomba masak kuwir.

(NS)
  1. Zona Turis
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA