1. HOME
  2. SENI BUDAYA

Angkat tema 'Ulun Danu', Tabanan jadi tuan rumah PKB tingkat Provinsi

Kabupaten Tabanan telah menyiapkan 20 kesenian yang siap dipentaskan

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Jum'at, 02 Juni 2017 05:54

Merdeka.com, Tabanan - Pemerintah Kabupaten Tabanan bakal gelar pagelaran kesenian Bali tingkat provinsi tergabung dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) selama kurang lebih sebulan penuh.

Kepala Dinas Kebudayaan IGN Panji mengatakan acara yang berlangsung mulai tanggal 10 Juni-8 Juli 2017 mendatang bakal dimeriahkan oleh Gong Kebyar yang menjadi maskot kota Tabanan.

Selain itu, Tabanan sudah siap dalam menyambut PKB tahun ini. Apalagi, dalam persiapannya PKB Tingkat Provinsi, Kabupaten Tabanan telah menyiapkan 20 kesenian yang siap dipentaskan.

Diantaranya, pawai, parade gong kebyar anak-anak dan gong kebyar wanita. Selain itu, juga disiapkan parade Joged Bumbung, lomba dan workshop, kesenian rekonstruksi, lomba nyastra, seni karawitan dan seni pengembangan.

“Untuk PKB Kabupaten akan dimeriahkan dengan gong kebyar dan akan dipusatkan di Gedung Kesenian I Ketut Maria. Menampilkan pameran kerajinan atau kuliner, berbagai lomba, serta gong kebyar anak-anak, wanita dan dewasa,” tuturnya di Tabanan, Bali, Jumat (2/6).

Pihaknya pun menegaskan tema kali ini bakal diambil melalui konsep melestarikan air sebagai sumber kehidupan atau 'Ulun Danu'. Menurutnya, PKB ditingkat kabupaten akan mengacu pada lima materi pokok, yakni parade, lomba, pagelaran, pameran, dan dokumentasi.

Sementara PKB tingkat provinsi akan mengacu pada enam materi pokok, yakni parade, lomba, pagelaran, pameran, dokumentasi dan sarasehan

(NS)
  1. Budaya Tabanan
KOMENTAR ANDA