1. HOME
  2. KULINER

Mengenal minuman asli Tabanan yang nikmat dan sederhana es yeh telabah

“Terinspirasi dari tempat bekerja yang dekat sungai, karena warna minuman ini keruh makannya diberi nama es yeh telabah,” ujar Komang Kesnawa

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Senin, 17 Juli 2017 23:48

Merdeka.com, Tabanan - Gelaran acara Tanah Liat Kreatifood and Art Festival 2017 menjadi ajang pameran makanan dan minuman kuliner asli Tabanan.

Salah satunya, kuliner yang menarik, yakni es yeh telabah atau berarti air comberan Komang Kesnawa (40) yang menciptakan minuman yang berarti air comberan itu.

“Terinspirasi dari tempat bekerja yang dekat sungai, karena warna minuman ini keruh makannya diberi nama es yeh telabah,” ujarnya di Bali, Selasa (18/7).

Komang menuturkan untuk bahan es tersebut, ia menyebutkan tidak ada yang spesial dan
bahannya cukup sederhana seperti jahe, cengkeh, sereh dan lemon. Proses pembuatannya hanya dengan dimasak saja hingga mendidih.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Tabanan menggelar Tanah Lot Kreatifood & Art Festival untuk pertama kali. Sejak tanggal 7-9 Juli 2017 lalu, wisatawan bakal disuguhkan pesta rakyat dengan konsep wisata kuliner, kerajinan tangan serta seni budaya. Diikuti oleh 23 desa adat di Kecamatan Kediri, dengan menampilkan Parade Gebogan yang melibatkan ratusan warga Tabanan diiringi tabuhan Baleganjur. Kuliner seperti Nasi Sela, Kuwir Nyatnyat, Lawar Klungah, Es Keren dan Es Yeh Danu.

(NS)
  1. Zona Turis
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA