1. HOME
  2. SENI BUDAYA

Wabup Sanjaya: Pemerintah selalu support kegiatan tradisi dan budaya

"Melalui upacara ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat tanpa mengurangi tradisi adat dan budaya yang sudah ada".

Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 24 Juli 2018 11:43

Merdeka.com, Tabanan - Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menghadiri ngaben massal, Pitra yadnya dan Manusa yadnya, Banjar Pekraman Manusmrtti Dauh Pala Pengabetan, Desa Dauh Peken Tabanan, Rabu (18/7). Turut mendampingi dalam acara tersebut Anggota DPRD RI I Made Urip, para anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya serta tokoh masyarakat setempat.

Wabup Sanjaya pada kesempatan itu merasa senang serta mengapresiasi setinggi- tingginya kepada masyarakat dauh pala, karena berkat dukungan serta rasa gotong royong yang dimiliki sehingga upacara Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya dapat berjalan lancar.

Dirinya juga menjelaskan bahwa akhir-akhir ini, ngaben massal sangat populer di kalangan masyarakat Bali, khususnya di Tabanan. Hal itu menandakan, pemahaman masyarakat tentang ngaben massal sudah sangat bagus. Dulu sangat jarang masyarakat melakukan hal seperti ini.

"Melalui upacara ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat tanpa mengurangi tradisi adat dan budaya yang sudah ada yang merupakan warisan leluhur kita," kata Sanjaya.

"Mengingat sekarang kehidupan kita bisa dibilang sangat kompleks. Namun kita tetap bisa mempertahankan tradisi, adat dan budaya melalui ngaben ini. Pemerintah akan selalu mensuport dan mengapresiasi kegiatan yang mengutamakan kelestarian tradisi adat dan budaya kita," dia menambahkan.

Sementara itu, Ketua Panitia I Nyoman Sarjana mengatakan, banjar Pekraman Manusmrtti ini terdiri dari 780 Kartu Keluarga (KK) dan sudah menjadi kesepakatan masyarakat Banjar Pekraman Manusmrtti Dauh Pala bahwa karya Pitra yadnya dan Manusa yadnya tersebut dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

"Pelaksanaan upacara ini telah terkonsep dan rutin dilaksanakan, dengan diselenggarakannya upacara Pitra Yadnya dan Manusia Yadnya ini diharapkan semakin mempererat persatuan dan kebersamaan masyarakat kami," jelasnya.

Ngaben masal kali ini diikuti sebanyak 19 sawa, serta Manusa Yadnya yaitu nyambutin 35 orang, dan metatah sebanyak 22 orang. Sebagai wujud sumbangsih dan kepedulian terhadap yadnya yang dilaksanakan oleh masyarakat, Wabup Sanjaya juga menyerahkan punia yang diterima oleh panita. Wabup beserta rombongan melanjutkan menghadiri ngaben massal di Desa Kesiut krambitan dan Desa Beraban Seltim.

(ES/ES)
  1. Budaya Tabanan
  2. Kegiatan Wakil Bupati Tabanan
KOMENTAR ANDA