1. HOME
  2. INFO TABANAN

Mengenal 'lumbung padi' Bali, melalui museum subak Tabanan

Punya filosofi yang mendalam, sistem organisasi masyarakat petani itu hingga kini terus menghiasi setiap sawah di seantero pulau Dewata

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 15 Juni 2017 03:35
 
Subak menjadi andalan para petani di Bali sudah turun temurun. Punya filosofi yang mendalam, sistem organisasi masyarakat petani itu hingga kini terus menghiasi setiap sawah di seantero pulau Dewata. Buat mengenal itu semua, wisatawan bisa mengunjungi museum Subak di Tabanan. 
 
Dari penelusuran merdeka.com, Rabu (15/6). Subak adalah organisasi dari masyarakat petani di Bali yang secara khusus menangani tentang pengaturan atau sistem pengairan sawah atau irigasi dengan cara tradisional atau konvensional.
 
Museum Subak juga merupakan salah satu tujuan wisata untuk tur edukasi yang banyak dikunjungi oleh para pelajar ataupun wisatawan baik, dari domestik maupun mancanegara di pusat wilayah Tabanan. 
 
Ada beberapa keunikan yang ditawarkan pada lokasi museum Subak dibangun di wilayah Kabupaten Tabanan Bali, diantaranya, Tabanan memiliki daerah persawahan yang paling luas di provinsi Bali sehingga sering dijuluki sebagai Lumbung Beras Bali.
 
Selain itu, jumlah organisasi subak di Tabanan adalah merupakan yang paling banyak di bandingkan dengan Kabupaten yang lainnya di pulau Bali.
 
Di dalamnya, museum subak Bali dibagi menjadi dua bagian yang terpisah,yaitu komplek museum Induk atau tertutup dan komplek museum terbuka. Pada bagian museum tertutup atau induk terdiri dua gedung atau bangunan utama yang mempunyai fungsi sebagai pusat informasi dan gedung pameran serta ruang audio-visual, ruang belajar, perpustakaan, kantor dan miniatur sistem irigasi subak. Sedangkan museum yang terbuka ialah berupa hamparan sawah dengan sistem pengairan subak.

Pada kedua bangunan utama tersebut pengunjung bisa melihat, mengenal dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pertanian dan peralatan tradisional yang biasa di gunakan di dalam pertanian di Bali seperti alat pemotong dan penumbuk padi, alat pembajak sawah, dll. Serta di sini pengunjung mendapatkan informasi yang lengkap tentang bagaimana sistem irigasi Subak serta proses pengolahan sawah dari awal sampai akhir. Seperti cara membuka lahan sawah, membagi air, membuat terowongan air, mengukur saluran air serta lengkap dengan proses upacara ritual keagamaannya.

 

(NS)
  1. Ragam
  2. Wisata Alam
KOMENTAR ANDA