1. HOME
  2. INFO TABANAN

Kurangi beban nelayan, Bupati Eka Serahkan 19.46 Ton CBP

Cadangan Beras Pemerintah (CBP) diharapkan dapat mengurangi beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 15 Juni 2017 02:10

Merdeka.com, Tabanan - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyerahkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) secara simbolis kepada perwakilan nelayan Tabanan di Pantai Yeh Gangga Sudimara Tabanan Rabu (15/06). Penyerahan CBP tahun ini adalah yang kelima kalinya, dengan total CBP yang disalurkan sebanyak 19.46 Ton beras kepada 63 kelompok nelayan dengan jumlah anggota sebanyak 931 KK atau 3476 Jiwa.

Dengan disalurakannya Cadangan Beras Pemerintah (CBP) diharapkan dapat mengurangi beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, dikarenakan cuaca ekstrem, gelombang besar dan angin kencang yang berakibat para nelayan tidak bisa melakukan aktifitas penangkapan ikan dilaut.

Hadir di acara tersebut Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Asisten II Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana, Anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, Perwakilan Bulog, Pewakilan PT. Jasindo, Para Kepala OPD dan Camat di lingkungan
Pemerintah Kabupaten Tabanan .

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tabanan I Ketut Arsana Yasa melaporkan adanya cuaca buruk, angin kencang dan gelombang tinggi dari bulan januari hingga pebruari, berdampak kepada para nelayan. Mereka tidak bisa melaut, dengan penyaluran CBP tersebut diharapkan dapat meringankan beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun kelompok nelayan yang menerima Cadangan Beras Pemerintah(CBP) sebanyak 63 kelompok dengan jumlah anggota sekitar 3.476 jiwa.

”Dari total CBP 19.46 ton, akan disalurkan kepada 63 kelompok nelayan, dengan jumlah anggota sekitar 931 KK atau 3.476 jiwa. Mudah- mudahan dengan penyaluran CBP ini bisa meringankan beban nelayan dalam memenuhi kebutuhan hidup,” ujarnya.

Arsana Yasa juga mengucapkan terima kasih atas respon cepat Pemerintah Kabupaten Tabanan , sehingga CBP tersebut segera bisa disalurkan. “ Kami atas nama nelayan mengucapkan terima kasih atas perjuangannya, sehingga
CBP bisa dengan cepat disalurkan, kedua terima kasih juga karena telah adanya Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudi Daya Ikan. Terima Kasih Bupati Tabanan ” Ungkapnya.

Sementara Bupati Eka Wiryastuti mengatakan dengan mengetahui permasalahan yang tengah dihadapi nelayan, Pemerintah Kabupaten Tabanan segera menyikapi dengan merujuk pada aturan yang telah ada. Yaitu membantu nelayan dengan
mengambil langkah cepat mengusulkan kepada Perum Bulog divisi regional agar jatah cadangan beras pemerintah(CBP) untuk Kabupaten Tabanan dapat disalurkan dengan harapan dapat mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan hidup
nelayan.

“Ini adalah penyaluran Cadangan Beras Pemerintah yang kelima kalinya. Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian terhadap nelayan, kaum marhen. Mudah –mudahan bantuan ini bisa membantu melanjutkan kehidupan nelayan kita,” harap Bupati Eka

Lanjut Eka, penyaluran CBP tersebut merupakan bentuk rasa cinta dan perhatian terhadap kehidupan nelayan atau kaum marhen. Program –program pro rakyat tersebut akan terus dilanjutkan, sehingga apa yang menjadi Visi Tabanan Serasi, Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestasi bisa tercapai.

”Ini wujud rasa cinta dan perhatian kita, kedepan apa yang sifatnya baik, kita terus sosialiasikan dan koordinasikan. Program- program pro rakyat harus dilanjutkan. Namanya berjuang tidak boleh berhenti. Semuanya ini untuk tercapainya Visi Tabanan Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi,“ tutupnya.

Selain Penyerahan Cadangan Beras Pemerintah(CBP), ada juga penyerahan Santunan Klaim Asuransi Nelayan oleh Bupati Eka Wiryastuti kepada Ahli Waris.

(NS)
  1. Kegiatan Bupati Eka
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata