1. HOME
  2. INFO TABANAN

Tim penggerak PKK Tabanan lakukan pembinaan desa dan kelurahan 2017

kegiatan lainnya adalah memperbanyak hasil Rakernas dan mensosialisasikan 10 Program Pokok PKK dengan program unggulan sebagai prioritas

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Jum'at, 04 Agustus 2017 00:38

Merdeka.com, Tabanan - Dalam rangka meningkatkan kinerja PKK Kecamatan dan PKK Desa di Kabupaten Tabanan Tim Penggerak (TP) PKK Tabanan semakin gencar melakukan Pembinaan. Dibawah Pimpinan TP PKK Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, didampingi Ny. Putriningsih Wirna Ariwangsa beserta tim dilakukan kegiatan pembinaan Tim Penggerak PKK di ruang rapat lantai tiga, di kantor Bupati Tabanan.

Ny Rai Wahyuni Sanjaya dalam sambutannya mengatakan beberapa kegiatan telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan di Tahun 2017 antara lain melaksanakan penilaian Lomba BBGRM dan Lomba Kesatuan Gerak PKK yang dipadukan dengan Lomba Desa di 10 Kecamatan. Bali, Jumat (4/8).

“Selain Lomba, kami juga melakukan pembinaan di 20 desa binaan PKK masing-masing masing – masing kecamatan dua desa binaan dengan mensosialisasi hasil Rakernas VIII yang dilaksanakan mulai tanggal 5 Juni sampai dengan 18 juli 2017,” jelasnya.

Selain itu kegiatan lainnya adalah memperbanyak hasil Rakernas dan mensosialisasikan 10 Program Pokok PKK dengan program unggulan sebagai prioritas.

“Program prioritas antara lain; Pola Asuh Anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Pemanfaatan lahan melalui program hatinya PKK, Hidup Bersih sehat di dalam keluarga dengan PHBS dan perilaku cerdik,” ungkapnya.

Rai Wahyuni menambahkan mengingat Dasa Wisma menjadi solusi dalam mencapai kesejahteraan keluarga, dirinya mengharapkan kepada anggota PKK provinsi dan anggota untuk memberikan petunjuk dalam pengisian administrasi sehingga kader – kader Dasa Wisma tidak merasa ragu dalam pengisian buku.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika dalam sambutan yang dibacakan oleh Tim Pembina TP PKK Provinsi Bali Pokja III Ny.Ketut Artika, mengatakan tujuan pembinaan yang dilakukan antara lain untuk menumbuhkan motivasi serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian Kabupaten/Kota dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di 9 (Sembilan) Kabupaten/Kota Se-Bali guna membangun masyarakat yang sejahtera.

“Tujuan pembinaan ini selain untuk pemberdayaan juga untuk mengetahui permasalahan atau hambatan yang masih belum terpecahkan sehingga kita dapat secara bersama-sama mencari solusinya. Penekanan pada pelaksanaan program unggulan sesuai dengan bidang kerja di 9 Kabupaten/Kota se-Bali,” jelasnya.

Dikatakannya pembinaan dilaksanakan oleh TP PKK Provinsi Bali setiap tahun menyasar kepada TP PKK Kabupaten/Kota, dengan kecamatan, Desa/Kelurahan binaan tahun 2017, dengan materi pembinaan dilaksanakan secara panel.

“Bidang kelembagaan PKK, Bidang Rencana Kerja 5 Tahun PKK 2015-2020, Bidang Administrasi PKK, Program Pokja I,II,III dan IV, mengumpulkan data dan informasi 10 program pokok PKK secara cepat, tepat dan akurat dan menyeluruh,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan dalam rangka pembinaan ditekankan semua desa dan kelurahan berpedoman pada Rakernas VII tahun 2015 dengan perubahan melalui keputusan Ibu Ketua Umum dan melalui hasil Rakon. Tidak lupa pihaknya mengatakan untuk menyamakan persepsi baik di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi agar sesuai denagn hasil Rakernas VII tahun 2015.

“Hal-Hal yang perlu diseragamkan antara lain dari sisi kelembagaan, struktur dan administrasi,” tutupnya.

(NS)
  1. Ragam
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata