1. HOME
  2. INFO TABANAN

Bupati Eka dorong PAMMI jaring anak muda berbakat di Tabanan

"Bukan sekadar seni atau hiburan semata, musik itu adalah salah satu produk budaya".

Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Kamis, 08 Maret 2018 17:19

Merdeka.com, Tabanan - Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti, meminta kehadiran Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Tabanan mampu memberikan kontribusi positif bagi daerah. Khususnya dalam pengembangan minat dan bakat pada bidang musik. Terlebih, musik Melayu yang kini berkembang menjadi Dangdut maupun musik-musik yang mengakar pada budaya asli Indonesia merupakan salah satu aset budaya bangsa yang mesti dipelihara.

Hal itu disampaikan Bupati Eka saat menerima kunjungan pengurus DPC PAMMI Tabanan pada Kamis (8/3) di ruang kerjanya.

Diketahui, pengurus DPC PAMMI Tabanan telah resmi dibentuk pada Sabtu lalu (3/3). Dan, yang terpilih sebagai ketuanya adalah Bagio Utomo yang langsung hadir bersama jajarannya saat audiensi kemarin. Selain itu, hadir juga Ketua DPD PAMMI Bali Harry Susanto.

"Bukan sekadar seni atau hiburan semata, musik itu adalah salah satu produk budaya. Musik itu bahasa yang universal sekalipun berakar pada budaya atau tradisi lokal. Jadi saya memandang PAMMI yang baru terbentuk di Tabanan ini ikut memberikan kontribusi bagi daerah," kata Eka.

Kontribusi yang dimaksud, kata Eka antara lain mengembangkan minat dan bakat-bakat anak muda yang tertarik pada musik. Bukan hanya musik Melayu atau Dangdut yang menjadi domain PAMMI semata.

"Formatnya mungkin bisa dengan pagelaran atau road show. Misalkan saat peringatan HUT Kota Tabanan. Bisa juga dengan menjaring bakat atau talenta potensial dari anak-anak muda,"paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PAMMI Tabanan Bagio Utomo menjelaskan bahwa tatap muka bersama Bupati Tabanan ini sebagi bentuk perkenalan awal setelah organisasinya terbentuk secara resmi. Sekaligus menerangkan apa yang menjadi latar belakang dan tujuan dibentuknya PAMMI.

"Saat ini anggota dan personil yang tergabung dalam PAMMI Tabanan berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Tabanan," ucap dia.

Terkait dengan harapan Bupati Tabanan dalam kesempatan itu, Bagio Utomo memastikan pihaknya siap mewujudkannya. Sebab, kehadiran PAMMI juga dalam rangka untuk mengembangkan potensi-potensi musik anak-anak muda di Tabanan. Sehingga, dalam kegiatannya nanti, PAMMI bisa menjadi wadah untuk mengasah bakat maupun pembentukan karakter dan mental generasi muda.

Kami juga akan berusaha mengaktifkan musik-mudik daerah lainnya melalui kegiatan pertunjukan atau festival," katanya.

(ES/ES)
  1. Kegiatan Bupati Eka
  2. Seni Tabanan
KOMENTAR ANDA