1. HOME
  2. INFO TABANAN

Tabanan luncurkan program konsultasi dan klinik koperasi dan UKM

Dengan ini diharapkan perkembangan Koperasi dan UKM di Tabanan semakin maju dan baik ke depannya

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Jum'at, 21 Juli 2017 07:39

Merdeka.com, Tabanan - Guna mendorong masyarakat khususnya warga Tabanan dalam mengembangkan usaha melalui Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan AA Gede Dalem Tresna Ngurah pihaknya bakal memberikan program konsultasi dan klinik Koperasi dan UKM Tabanan.

"Ada juga yang konsultan dari Dinas Koperasi dan UKM sebanyak 10 orang. Untuk konsultan dari eksternal dinas ini terdiri dari berbagai profesi mulai dari konsultan Koperasi, UKM hingga perbankan," ujarnya di Bali, Jumat (21/7).

Namun, pihaknya mengakui pada awal pembentukan program tersebut masih alami banyak kekurangan. Sebagai langkah awal untuk SDM, klinik dilengkapi oleh lima orang konsultan dari eksternal dinas.

Kedepan tentu hal ini akan diupayakan. Untuk fasilitas yang disiapkan juga masih seadanya. Kekurangannya akan dilengkapi secara bertahap.

Dibalik keterbatasan anggaran dan fasilitas, Dalem Tresna berharap klinik Koperasi dan UKM ini mampu menjalani visi misinya. Tidak hanya memberikan pendampingan dan solusi bagi Koperasi yang mengalami masalah tetapi juga memberikan konsultasi mengenai permodalan dan penjalanan manajemen koperasi maupun UKM yang benar. Dengan ini diharapkan perkembangan Koperasi dan UKM di Tabanan semakin maju dan baik ke depannya.

"Mudah-mudahan dengan adanya klinik ini permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh koperasi dan UKM di Tabanan dapat ditekan dan kemajuan koperasi dapat kita tingkatkan,” ucapnya.

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada semua pihak khususnya koordinator koperasi di masing-masing kecamatan agar mensosialisasikan keberadaan klinik tersebut.

Ketua Panitia Penyedia Layanan Konsultasi Manajemen Koperasi dan UKM yang juga Kabid Kelembagaan Ni Nyoman Yudiani menambahkan adapun jenis pelayanan Klinik Koperasi dan UKM antara lain Layanan Pelatihan Singkat pengembangan Usaha, Layanan Informasi Bisnis, Layanan Advokasi Usaha atau Mentoring Usaha, Layanan Akses Pemasaran, Layanan IT Entrepreneur dan Layanan Pelatihan singkat.

(NS)
  1. Ekonomi
  2. Ragam
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata