1. HOME
  2. INFO TABANAN

Bupati Eka dorong koperasi jadi andalan masyarakat Tabanan

Kalau kita mau bersungguh-sungguh pasti koperasi dapat menjadi kekuatan ekonomi yang handal

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Jum'at, 04 Agustus 2017 20:20

Merdeka.com, Tabanan - Pemerintah Kabupaten Tabanan berkomitmen meningkatkan perannya dalam kiat mendorong Koperasi Agar mampu bersaing dan bisa dikatakan sejajar dengan lembaga perekonomian lainnya, di Tabanan.

Demikian dikatakan Sekretaris Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa yang juga selaku Ketua Dekopinda Tabanan. Saat membacakan sambutan Bupati Tabanan dalam rangka Peringatan Hari Koperasi ke 69 Tahun 2016 Kabupaten Tabanan
di Wantilan Pura Luhur Pakendungan, Tanah Lot, Kediri.

Dikatakan juga oleh Wirna, secara kuantitas jumlah koperasi cukup banyak, khususnya di Tabanan sebanyak 557 buah koperasi. Sebagian besar dari koperasi tersebut, dikatakan lebih banyak melakukan kegiatan di sektor simpan pinjam. "Mengingat potensi di Tabanan tentunya yang harus kita dorong untuk tumbuh dan berkembang unit usaha riilnya. Seperti di negara lain banyak koperasi yang bergerak di sektor produsen, atau pertanian, konsumen dan mampu bersaing dengan usaha lainnya", ungkap pihaknya.

Dijelaskan pula, usia 69 Tahun merupakan usia yang matang, idealnya di usia tersebut koperasi sudah mampu menunjukkan jati dirinya sebagai lembaga yang handal dalam mendukung ekonomi kerakyatan. Kalau kita mau bersungguh-sungguh pasti koperasi dapat menjadi kekuatan ekonomi yang handal, misalnya salah satu perannya dalam mewujudkan ketahanan pangan. Mari kedepannya kita bangun, kita tumbuhkan koperasi sektor riil yang berkualitas, yang besar, sehat, kuat, mandiri dan handal serta mampu sejajar dengan pelaku ekonomi lainnya", ajaknya.

Ditambahkan pula, kemajuan koperasi di Tabanan saat ini tidak terlepas dari komitmen serta kerjasama Pemerintah dan semua pihak. Oleh sebab itu, dikatakan pemerintah akan lebih meningkatkan perannya dalam membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program seiring tema harkopnas tahun ini "Reformasi Koperasi mewujudkan Ekonomi Berdikari".

Sementara itu, Ketua panitia I Nyoman Natia menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak. Dijelaskannya, tujuan peringatan Harkop ini antara lain adalah merupakan momentum yang tepat, mengingat dan memperhatikan nilai luhur pemikiran dan pendiri gerakan koperasi Indonesia, serta memberi motivasi dan inovasi bagi penerus perjuangan Gerakan Koperasi.

Dirinya juga mengatakan jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Tabanan saat ini sebanyak 557 buah koperasi, dimana sebanyak 511 koperasi yang masih aktif dan jumlah yang tidak aktif sebanyak 46 koperasi, dengan jumlah anggota sebanyak 88.338 orang. Asset yang dimiliki koperasi di Tabanan sebesar 1,16 triliyun lebih, dengan volume usaha sebesar Rp. 965 milyar lebih.

Serangkaian kegiatan dalam menyambut hari Koperasi yang ke 69 ini diantaranya gerakan kebersihan lingkungan, penilaian dan penghargaan koperasi berprestasi, rakerda Dekopinda, gerak jalan santai, seminar bakti sosial serta mash ada beberapa kegiatan lainnya. “semoga dengan bertambahnya usia, dapat memberikan motivasi dan inovasi bagi penerus dalam menjalankan fungsi serta peran gerakan koperasi Indonesia, ungkapnya.

Nampak Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten I Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Yatnanadi, Perwakilan Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Bali, SKPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, dan Kapolsek, Camat serta Perbekel setempat.

(NS)
  1. Ekonomi
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata