1. HOME
  2. INFO TABANAN

Layani masyarakat pelosok, Tabanan punya program andalan 'mobil sehat'

Kabupaten Tabanan telah berhasil menekan angka korban akibat kanker serviks

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 08 Juni 2017 03:25

Merdeka.com, Tabanan - Bupati Kabupaten Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti tengah gencar menjalankan program mobil sehat andalannya. Program dijalankan sejak 2014 ini, diharapkan bisa menjadi contoh bagi wilayah lain.

"Mobil sehat seperti ini semoga jadi contoh untuk daerah-daerah lainnya, guna
tercapainya pelayanan kesehatan bagi semua elemen masyarakat terutama yang berada di pelosok," kata Eka di Tabanan, Bali, Kamis (8/6).

Kondisi Kabupaten Tabanan yang mayoritas wilayahnya terdiri dari hutan, pegunungan, bukit serta pantai, dianggap cocok bagi program mobil sehat. Ini dipakai sehingga dapat meningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Eka bahkan berjanji ke depannya akan menambah lagi biaya operasional mobil sehat agar beroperasi secara maksimal.

Dua periode pimpin wilayahnya, dia meyakini pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola dilakukan Pemkab Tabanan merupakan sebuah terobosan serta bentuk perhatian Pemkab Tabanan terhadap masyarakat. Ada tiga pelayanan kesehatan yang dilayani oleh Mobil Sehat yakni pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan IVA dan pemeriksaan mata, dengan alat kesehatan setara rumah sakit.

"Selain untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan sistem jemput bola juga untuk mencapai target Tabanan bebas kanker serviks di 2016 serta penuntasan kebutaan karena katarak, yang mana kanker serviks awalnya sebanyak 18 persen dan untuk tahun ini ditargetkan berkurang menjadi 4 persen, dan juga untuk penuntasan kebutaan karena katarak telah disiapkan pelayanan operasi katarak secara langsung disertai dengan pembagian kacamata gratis dengan jumlah 200 hingga 500 kacamata," imbuh Eka.

Mengenai permasalahan kanker serviks, kata Eka, Kabupaten Tabanan memang bisa dijadikan percontohan nasional bagi daerah-daerah lain. Eka mengklaim mampu menekan angka korban sangat drastis setiap tahunnya.

"Kabupaten Tabanan telah berhasil menekan angka korban akibat kanker serviks, strateginya dari mulai ibu-ibunya kita gerakan supaya peduli dengan kesehatan. Karena kalau ibu sehat, bapak sehat dan anak juga sehat. Sekeluarga semuanya sehat dan inilah namanya investasi hati," ungkapnya.

Mobil sehat, kata dia, juga merupakan sarana promosi di bidang kesehatan Pemkab Tabanan. "Kesehatan merupakan fondasi kita dalam membangun, saya berharap masyarakat mulai memahami dan mengerti tentang pola hidup sehat sejak dini, karena pembangunan tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa peran serta masyarakat" tanda Eka.

Selain mobil sehat, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan terus melakukan inovasi, di antaranya dengan menyediakan rawat inap di puskesmas setiap kecamatan. Tentu ide ini dibarengi dengan peningkatan mutu pelayanan rumah
sakit di Kabupaten Tabanan.

(NS)
  1. Fasilitas Kesehatan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata