1. HOME
  2. INFO TABANAN

Bupati Eka bersyukur 'diganjar' penghargaan Adipura yang ketiga

Bupati Eka menyampaikan rasa terima kasihnya kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sudah bekerja bersama masyarakat Tabanan

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Kamis, 03 Agustus 2017 17:10

Merdeka.com, Tabanan - Pemerintah Kabupaten Tabanan kembali dianugerahi penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kabupaten yang dijuluki 'Lumbung Padi' itu mendaptkan dua penghargaan sekaligus pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia itu.

Terkait Adipura, Bupati Eka mengaku bersyukur karena penghargaan yang diterima tahun ini merupakan ketiga kalinya. Di kesempatan itu juga, Bupati Eka menyampaikan rasa terima kasihnya kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sudah bekerja maksimal dan menjalin kerja sama dengan semua pihak, khususnya masyarakat.

Sejatinya, sambung dia, masih banyak inovasi dan program di bidang lingkungan hidup yang masih bisa dikembangkan di Tabanan. Selain bank sampah yang sudah jalan, upaya untuk tetap mengajak masyarakat mengolah sampah masih perlu dikampanyekan.

“Kalau semua pihak mau, Tabanan pasti bisa. Kecamatan pun harus punya inovasi dalam mengelola sampahnya. Bagaimana mindset-nya mengubah sampah bisa menjadi berkah,” paparnya.

Hal lainnya adalah membuat ruang publik yang lebih banyak seperti taman bermain atau taman kota. Melanjutkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Toyama, Jepang, yang sejauh ini sudah berjalan baik di Jatiluwih dengan adanya pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro.

“Dengan kerja sama Jepang kita ingin mengelola sampah menjadi energi, menjadi pupuk organik yang berkualitas dan menjadi produk berkualitas ekonomi tinggi. Cuma penerapannya terbentur dengan anggaran Tabanan yang tidak besar. Makanya kita ajak pihak luar. Kebetulan kita punya kerja sama G2G (government to government) dengan Kota Toyama,” ungkapnya.

Demikian halnya dengan penobatan dirinya sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI). Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak yang memberikan apresiasi tersebut. Menurutnya, penghargaan itu tidak lepas dari bantuan banyak pihak. “Mulai dari eksekutif sendiri, legislatif, serta yang paling penting masyarakat Kabupaten Tabanan sendiri,” ungkap Bupati Eka.

Menurutnya, kerja sama tersebut yang membuat berbagai inovasi bermunculan. Mulai dari Gerbang Pangan Serasi, Gerbang Pariwisata, Gerbang Indah, Program Partisipatif dengan mengusung semangat gotong royong, BUMDes, Desa Wisata, dan berbagai program lainnya yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat luas.

“Semangat untuk terus memunculkan inovasi tersebut juga tidak terlepas dari kondisi keuangan Tabanan yang terbilang minim. Keterbatasan inilah yang perlu dicarikan solusi agar pembangunan tetap berlangsung,” katanya.

Dengan adanya prestasi tersebut, kata dia, menjadi motivasi bagi pribadinya selaku kepala daerah untuk terus berbuat yang terbaik. Dia mengatakan, apapun yang diperbuat harus menghasilkan dampak langsung kepada pembangunan dan kemajuan. Terlebih jabatan merupakan amanat yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

Dalam setiap pertemuan, Bupati Eka selalu menekankan formula 3B yang merupakan akronim dari Berbuat, Berdoa dan Bersyukur. “Itu prinsip saya. Jabatan itu amanat. Dengan prestasi ini saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran eksekutif, legislatif, dan tentunya masyarakat,” pungkasnya.

 

(NS)
  1. Penghargaan Pemerintah
  2. Kegiatan Bupati Eka
KOMENTAR ANDA