1. HOME
  2. INFO TABANAN

TMMD ke-99 Kodim 1619/ Kabupaten Tabanan Resmi Dibuka

Melalui moment ini diharapkan memotivasi dan memperkuat upaya pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku atau subjek pembangunan

©2017 Merdeka.com Editor : Nur Salam | Selasa, 04 Juli 2017 19:00

Merdeka.com, Tabanan - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 1619/ Kabupaten Tabanan Resmi dibuka oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Selasa (4/7) di Lapangan Umum Desa Padangan, Pupuan, Tabanan. Upacara
pembukaan tersebut ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan program TMMD serta pemukulan gong oleh Wabup Sanjaya yang juga bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

Wabup Sanjaya yang membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengatakan TMMD dilaksanakan dalam upaya pemberdayaan masyarakat, sekaligus membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan.

Oleh karena itu melalui moment ini diharapkan memotivasi
dan memperkuat upaya pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku atau subjek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, ber-etos kerja dan memiliki gotong royong sehingga akan mempercepat jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional.

“Keterlibatan TNI dalam pembangunan di Desa pada hakikatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa sebagaimana amanat butir ke-3 dari Nawacita yakni membangun Indonesia dari pinggiran atau dari Desa,” ujarnya.

Revolusi mental yang diikrarkan tahun 2015 harus dimaknai sebagai suatu gerakan fundamental baik dari cara pandang, pikir dan cara kerja segenap elemen masyarakat bangsa yaitu Tataran Pemerintahan yang dituangkan dalam 3 pilar revolusi mental.

“Integritas harus dimaknai sebagai sebuah gerakan yang mengedepankan aspek kejujuran, berkarakter positif dan bertanggung-jawab. Etos kerja harus tercermin dari sikap masyarakat yang kerja keras, cerdas, berkualitas, tulus dan ikhlas, sedangkan gotong royong adalah aktivitas yang mengedepankan kerja sama dan solidaritas antar sesama dan berorientasi pada kepentingan orang banyak,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya mengajak segenap komponen bangsa khususnya masyarakat Bali dan komponen TNI untuk meningkatkan kualitas pengabdian kepada daerah.
“Untuk itu, saya mengajak kepada segenap komponen bangsa, bersama komponen TNI untuk bersama-sama membulatkan tekad dalam rangka meningkatkan kualitas pengabdian kepada daerah yang kita cintai sesuai kapasitas masing-masing melalui kebersamaan dan semangat gotong royong dalam menjaga ketahanan masyarakat,”
imbuhnya.

Sementara itu Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf. Herwin Gunawan melaporkan kegiatan TMMD ke-99 TA 2017 Kabupaten Tabanan berlangsung mulai 4 Juli hingga 2 Agustus 2017 dengan kegiatan utama antara lain; pelebaran dan pengerasan badan jalan sepanjang 1,175 M, betonisasi, pembuatan senderan serta pemasangan goroong-gorong di Dusun Jelijih Kelod, Desa Jelijih Punggang Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan.

“Sasaran fisik dalam kegiatan TMMD adalah pelebaran dan pengerasan badan jalan sepanjang sepanjang 1.175 M, betonisasi dengan panjang 1.175 M, lebar 3 Meter dan tinggi 0,12 M. Pembuatan senderan dengan panjang dan tinggi masing-masing 5 dan 1 Meter, serta pemasangan gorong-gorong,” katanya.

Selain kegiatan di atas ada pula sasaran tambahan yang dilakukan antara lain pembuatan senderan, bedah rumah, pembuatan jamban dan Tempat Pembuangan Sampah.“Pembuatan Senderan dengan panjang dan tinggi masing-masing 24 dan 4 Meter, 1 Unit Bedah Rumah, Pembuatan Jamban 15 Unit, dan Pembuatan Tempat Pembuangan Sampah sebanyak 3 Unit,” jelasnya.

Tak lupa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu untuk mensukseskan acara ini, dan juga pemkab Tabanan atas dukungan yang diberikan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, terima kasih juga kami ucapkan kepada Pemkab Tabanan atas dukungannya. Semoga ke depannya kerja sama ini bisa terus berlanjut dan bisa terus membantu kegiatan untuk masyarakat ini,” imbuhnya.

Upacara pembukaan TMMD ke-99 Kabupaten Tabanan mengambil tema “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat kita percepat pembangunan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI”. Dalam upacara tersebut juga dilakukan penandatanganan dan penyerahan program TMMD, penyematan pin dan penyerahan alat kerja dari Wabup Sanjaya kepada satgas TMMD. Acara juga dimeriahkan dengan penanaman pohon kelapa, pameran produk kerajinan, donor darah hingga layanan kesehatan.

(NS)
  1. Kegiatan Wabup
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata