1. HOME
  2. INFO TABANAN

Tanggulangi Corona Covid-19, Bappeda Benarkan Pemkab Tabanan Butuh Anggaran Lebih

"Saat ini dana tersedia sudah sekitar Rp50 miliar dan kami sedang berupaya memenuhi kekurangannya sesuai dengan hasil rapat dengan Ibu Bupati".

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. ©2020 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 12 Mei 2020 12:57

Merdeka.com, Tabanan - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabanan Ida Bagus Wiratmaja membenarkan adanya anggaran untuk Pemerintah Kabupaten Tabanan yang membutuhkan dana sekitar lebih dari Rp100 miliar guna menanggulangi dampak pandemi virus corona Covid-19.


"Kebutuhan anggaran dalam Bidang Kesehatan sekitar Rp23 miliar, Bidang Ekonomi sekira Rp3 miliar, Bidang Jaringan Pengamanan Sosial Rp78 miliar dan Bidang Penunjang Rp1 miliar," ujar Wiratmaja.

Wiratmaja menjelaskan prioritas utama dalam anggaran corona Covid-19 tersebut adalah pada bidang kesehatan.

"Secara paralel kami akan membangun ketahanan ekonomi masyarakat dengan beberapa kebijakan, antara lain family farming, menjamin kelangsungan produksi pertanian dari hulu sampai hilir yaitu menjamin ketersediaan benih, pupuk, obat-obatan, sampai pemdampingin oleh para penyuluh," jelas dia.

Terkait dengan pemenuhan kebutuhan dari anggaran tersebut, Ida Bagus Wiratmaja mengatakan, saat ini dana yang siap digunakan sudah 50 persen dari total kebutuhan.

"Saat ini dana tersedia sudah sekitar Rp50 miliar dan kami sedang berupaya memenuhi kekurangannya sesuai dengan hasil rapat dengan Ibu Bupati," tambah Wiratmaja.

Adapun rincian anggaran bidang kesehatan Pemkab Tabanan senilai Rp23 miliar dengan alokasi pada persiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19 dengan anggaran Rp9,9 miliar. kemudian pemberian intensif bagi tenaga medis yang terlibat dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sebesar Rp6,6 miliar serta persiapan rumah singgah bagi tenaga medis dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebesar Rp2,1 miliar.

(ES/ES)
  1. Kegiatan Bupati Eka
  2. Pemkab Tabanan
  3. Virus Corona
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata