1. HOME
  2. INFO TABANAN

Tabanan Perlu Perketat Pasar dan DTW untuk Siapkan Normal Baru

"Pertemuan daring itu untuk menyamakan persepsi dalam penanggulangan pandemi COVID-19 di Kabupaten Tabanan".

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. ©2020 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Sabtu, 20 Juni 2020 08:14

Merdeka.com, Tabanan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Provinsi Bali perlu memperketat pasar, daerah tujuan wisata (DTW), dan lokasi lain yang rentan dengan paparan virus COVID-19 untuk menyiapkan tatanan normal baru di kabupaten setempat, kata pejabat setempat.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengemukakan hal itu dalam video conference terkait persiapan normal baru dengan majelis madya dan alit serta Forum Perbekel Kabupaten Tabanan di ruang Tabanan Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Tabanan, Jumat.

"Pertemuan daring itu untuk menyamakan persepsi dalam penanggulangan pandemi COVID-19 di Kabupaten Tabanan, sehingga perkembangan COVID-19 di Tabanan bisa secepatnya ditanggulangi hingga menjelang normal baru di Kabupaten Tabanan," kata Sekda I Gede Susila, seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, transmisi lokal masih mengancam kehidupan masyarakat di Kabupaten Tabanan, maka sangat diperlukan antisipasi untuk mencegah dan memutus mata rantai wabah tersebut mulai dari pasar-pasar dan DTW.

"Pasar itu menjadi salah satu klaster penyebaran transmisi lokal yang kebetulan sampai saat ini belum terjadi di Tabanan, maka kita perlu memperketat. Untuk itu, kami mempersiapkan normal baru dengan merancang konsep-konsep itu untuk Kabupaten Tabanan," kata dia.

Sementara itu, Bupati Eka mengatakan sebelum pelaksanaan Normal Baru sesuai arahan dari Pemerintah Pusat tentu sangat diperlukan kesadaran yang lebih dari masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah.

Tanpa kesadaran dari seluruh elemen masyarakat Tabanan, kata dia, mustahil normal baru yang sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 bisa dilakukan. Untuk itu, Bupati Eka tiada henti-hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu disiplin mentaati semua anjuran pemerintah demi keselamatan bersama.

"Selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat, yang salah satunya selalu cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan hindari kerumunan serta selalu memakai masker disetiap aktivitas, baik di dalam maupun di luar rumah," katanya.

Bupati memerintahkan seluruh jajarannya agar memperketat protokol kesehatan di pasar-pasar dan DTW di Tabanan agar lebih steril, sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat dan masyarakat Tabanan produktif kembali menjelang normal baru meski dalam situasi pandemi.

"Saya ingin masyarakat Tabanan tetap produktif, tetap menjalankan semuanya dengan prosedur kesehatan yang baik dan selalu berpikir positif. Ayo kita bangun Tabanan dengan semaksimal mungkin," demikian Ni Putu Eka Wiryastuti.

 

(ES/ES)
  1. Kegiatan Bupati Eka
  2. Pemkab Tabanan
  3. Virus Corona
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata