1. HOME
  2. INFO TABANAN

Peringati HLUN, Momentum Memperhatikan Sesepuh dan Pinisepuh Serta Lanjut Usia

"Harapan saya, untuk itu diperlukan upaya-upaya sinergis dan strategis melalui program-program yang pro lanjut usia".

Peringati HLUN 2019. ©2019 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Minggu, 02 Juni 2019 09:59

Merdeka.com, Tabanan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019, di Kampung Investasi Hati, Wanasara, Tabanan, Rabu (29/5). Sekaligus menggelar Pengukuhan Pengurus Komda Lansia Kabupaten Tabanan Tahun 2019.

Berbagai kegiatan dirangkaikan dalam memperingati HLUN 2019 ini oleh Pemkab Tabanan melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tabanan, salah satunya yakni memperkenalkan dan mempromosikan Kampung Investasi Hati.

Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 29 Mei ini dibuka sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, didampingi oleh Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Tabanan, I Nyoman Gede Gunawan.

Turut hadir pada kesempatan itu, Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Bali, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Para Camat se-Kabupaten Tabanan, Ketua DPC Perpadi Bali, beserta undangan lainnya yang beserta hadir saat itu.

Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dalam hal ini dibacakan oleh Sekda I Gede Susila, mengatakan Peringatan Hari Lanjut Usia pada hakekatnya adalah momentum bagi kita semua untuk senantiasa memperhatikan keberadaan sesepuh dan pinisepuh. Serta para Lanjut Usia, baik terkait kehidupan sehari-harinya, kondisi kesehatannya, kesejahteraannya maupun kebutuhan psikologisnya.

"Harapan saya, untuk itu diperlukan upaya-upaya sinergis dan strategis melalui program-program yang pro lanjut usia sehingga para Lansia di Kabupaten Tabanan bisa mandiri, sejahtera dan bermartabat sesuai yang diharapkan pada Peraturan Daerah Provinsi Bali Tahun 2018 tentang kesejahteraan Lanjut Usia," ucap Sekda I Gede Susila.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga menegaskan, atas nama pribadi, Pemerintah dan masyarakat mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh sesepuh dan pinisepuh serta lanjut usia yang selama ini telah menjadi bagian dari masyarakat, serta bersama-sama ikut mendukung, melaksanakan dan mensukseskan pembangunan di Kabupaten Tabanan.

Tak lupa juga pihaknya mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus Komda Lansia Kabupaten Tabanan dan Komda Lansia Kecamatan yang baru saja dikukuhkan. Dijelaskannhya bahwa orang-orang tersebut merupakan orang-orang pilihan untuk berinvestasi hati, khususnya pelayanan untuk para lansia dan para orang-tua.

"Saya himbau agar pengurus yang sudah dikukuhkan dapat melaporkan apabila menemukan lansia yang terlantar dan tidak ada yang mengurusnya,"kata dia.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tabanan, I Nyoman Gede Gunawan menambahkan serta menjelaskan tujuan diperingatinya Hari Lanjut Usia 2019 ini di Kampung Investasi Hati, Wanasara, Tabanan, karena ingin mempromosikan dan memperkenalkan tempat itu ke khalayak luas.

"Kami ingin mempromosikan tempat ini yang begitu alami. Mudah-mudahan Bapak Sekda selaku pengambil kebijakan dapat memprioritaskan nanti untuk kedepan. Karena bagaimana pun juga tempat ini adalah tempat yang bersejarah dan hari ini adalah hari yang yang bersejarah. Karena pertama kalinya setelah keluarnya perda no 11 tahun 2012 tentang kesejahteraaan lansia di Provinsi Bali kita baru hari ini bisa menyelenggarakan hari lanjut usia nasional," ungkap Gunawan.

Dijelaskannya lagi bahwa kegiatan ini, dan keseluruhan acara yang dirangkaikan, pendanaanya berasal dari para donatur. Sehingga Pemerintah tidak mengeluarkan biaya sedikit-pun.

"Artinya, kegiatan ini kami memang rencanakan tapi kami tanpa biaya. Keseluruhan biaya disupport penuh oleh para donatur. Terimakasih kepada semua donatur. Mudah-mudahan kedepan lansia kita tetap semngat dan kami berikan doa terbaik. Mari kita hormati orang tua kita,"katanya.

(ES/ES)
  1. HLUN 2019
KOMENTAR ANDA