1. HOME
  2. INFO TABANAN

Jelang Hari Raya Galungan, Harga Babi Rp26 Ribu Per Kilogram

"Artinya kedepan jangan takut bahwa orang Bali berbahasa Bali, adat Bali dan megending Bali dan makan babi,".

I Gusti Agung Alit Adiatmika. ©2020 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Kamis, 13 Februari 2020 16:28

Merdeka.com, Tabanan - Camat Marga, I Gusti Agung Alit Adiatmika menegaskan, bahwa daging babi aman untuk dikonsumsi dan tidak menjadi alasan terkena virus dan lain sebagainya.

Karena informasi dari Dinas Peternakan Kabupaten Tabanan, virus babi hanya menyerang babi semata dan tidak menular pada manuusia.

"Nanti kita akan sama-sama makan daging babi. Babi aman dikomsumsi, artinya kedepan jangan takut bahwa orang Bali berbahasa Bali, adat Bali dan megending Bali dan makan babi. Itu kira-kira ciri khas orang Bali," kata Alit Adiatmika saat kampanye terkait daging babi aman untuk di komsumsi di Kantor Camat Marga, Tabanan, Rabu (12/2).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh, diantaranya Ketua Komisi I DPRD Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi, Perbekel serta Bendesa Adat se Kecamatan Marga, dan beberapa peternak babi di Kecamatan Marga serta masyarakat umum. Nampak juga saat itu para awak media dari media cetak maupun media elektronik.

Alit Adiatmika menambahkan, akibat virus babi yang merebak saat ini harga babi hidup anjlok di angka hanya Rp10 ribu per kilogram. Pihaknya pun khawatir, hal ini akan berefek pada saat saat Hari Raya Galungan, sehingga akan sangat merugikan para peternak khususnya di Kecamatan Marga. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan pihak terkait menyikapi hal ini dengan melakukan suatu kampanye.

"Sekarang sudah Rp10 ribu per kilo, kami khawatirkan pas Galungan lagi menurun, Jadi untuk bisa mendongkrak harga daging, harga babi di pasaran, kita mengundang peternak khusus sosialsi tentang masalah kesehatan hewan. Biar tidak lagi terkena virus. Dan harapan kami dari peternak bisa terangkatlah, trus ekonomi, apalagi peternak-peternak kecil habis barang, habis modal, jadi miskin," kata dia.

Maka pada kesempatan tersebut, setelah melakukan diskusi yang alot dengan para peternak babi dan masyarakat yang hadir, disepakati harga babi menjelang hari raya Galungan ini di Kecamatan Marga senilai Rp26 ribu per kilogram.

"Titiang minta pada kesempatan ini, pada seluruh yang hadir disini kita berkomitmen bersama agar menyepakati harga," katanya.

 

(ES/ES)
  1. Hari Raya Galungan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata