1. HOME
  2. INFO TABANAN

Wabup Sanjaya Apresiasi Semangat Warga Desa Dauh Peken

"Momen ini merupakan titik awal untuk terus berbuat yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang".

Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjay. ©2019 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 28 Mei 2019 12:00

Merdeka.com, Tabanan - Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, sampaikan rasa bangga dan terimakasih atas semangat yang ditunjukan warga Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, sehingga mampu tampil mewakili Kabupaten Tabanan dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi tahun 2019.

Hal itu disampaikan Wabup yang akrab disapa Sanjaya tersebut saat menghadiri acara persiapan dalam rangka Penilaian Lomba Desa di Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Senin (27/5) pagi. Hadir pula saat itu perwakilan dari DPRD Kabupaten Tabanan, Kepala DPMD Kabupaten Tabanan, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Unsur Muspika, Perbekel dan tokoh masyarakat setempat.

Tampilnya Desa Dauh Peken sebagai Duta Kabupaten Tabanan dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali tahun 2019 ini, setelah melalui tahapan penilaian yang dilakukan di Pemkab Tabanan dengan menyisihkan 9 Desa wakil Kecamatan yang ada di Kabupaten. Berdasarkan hasil tersebut, Desa Dauh Peken dipercaya mewakili Kabupaten Tabanan dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2019.

"Momen ini merupakan titik awal untuk terus berbuat yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Pada saat ini Saya ingatkan bahwa lomba seperti ini adalah bukan tujuan akhir, melainkan sebagai sarana untuk mengingatkan kepada kita semua agar selalu bangkit dan bersemangat mengatasi permasalahan, mengelola potensi yang ada untuk dapat secara maksimal kita manfaatkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Wabup Sanjaya dalam sambutannya.

Wabup Sanjaya juga berharap agar Lomba Desa seperti ini menjadi ajang untuk evaluasi diri bukan hanya bagi warga Desa Dauh Peken namun seluruh Desa yang ada di Tabanan, tidak terlepas juga seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Tabanan. Dijelaskan Wabup Sanjaya, bahwa pada hakekatnya Lomba Desa merupakan penilaian atas kinerja instansi yang tercermin dalam pembangunan di Desa.

"Oleh karena itu, mulailah merancang program yang inovatif, bersinergi satu sama lainnya sehingga dengan kemampuan sumber daya Daerah yang terbatas dapat dioptimalkan untuk menjadikan masyarakat Tabanan yang Serasi (Sejahtera, Aman dan Berprestasi)," ujarnya.

Wabup Sanjaya juga menambahkan bahwa momen saat ini adalah momen yang paling strategis juga dalam menumbuh kembangkan semangat gotong-royong bagi seluruh elemen masyarakat.

"Seperti diketahui, gotong-royong sebagai bagian dari sistem nilai budaya Bangsa yang perlu terus dipertahankan dan dikembangkan dalam rangka memperkuat rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Bangsa ini," kata dia.

Kepala Dinas DPMD, Anom Agustina selaku Ketua Tim Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi menambahkan, bahwa Lomba Desa ini merupakan instrument tahunan dalam mengevaluasi keberhasilan pembangunan dan sekaligus sebagai tolak ukur atas capaian program dalam pembangunan Desa. Partisipasi dan keswadayaan masyarakat dijadikan sebagai piranti dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat mengakselerasi pembangunan Nasional dan Nawa Cita Bapak Presiden Joko Widodo.

Dijelaskan juga, hal ini dilakukan dalam rangka penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong-royong masyarakat sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

(ES/ES)
  1. Kegiatan Wakil Bupati Tabanan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata