1. HOME
  2. INFO TABANAN

Gelar festival, Dispar Tabanan akan tingkatkan kunjungan wisatawan

"Tidak hanya menyiapkan infrastruktur, SDM di desa wisata juga diberi pelatihan terkait bagaimana cara untuk menghandel tamu".

©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Selasa, 22 Mei 2018 15:24

Merdeka.com, Tabanan - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Tabanan, I Made Yasa, mengatakan bahwa untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan sekaligus memulihkan pariwisata nasional pasca dampak dari bom Surabaya lalu. Dispar Kabupaten Tabanan akan menggelar festival besar di sejumlah Daya Tarik Wisata (DTW).

Penyelenggaraan festival tersebut akan dimulai pada bulan Juni mendatang seperti DTW Ulun Danu dan festival di DTW Tanah Lot pada bulan Juli dan DTW Jatiluwih pada bulan September 2018 mendatang.

"Penyelenggaraan event yang diselenggarakan di sejumlah DTW tersebut dananya selain bersumber dari badan pengelola DTW bersangkutan juga dari bantuan dana pemerintah pusat, dan bantuan dari pemerintah daerah. Besaran nominalnya berbeda-beda sesuai dengan besar kecilnya event yang digelar di masing-masing DTW," kata dia.


Menurut Yasa untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan pihaknya melakukan pembangunan sejumlah infratruktur berupa jalan traking di 14 desa wisata yang ada di Tabanan.

"Tidak hanya menyiapkan infrastruktur, Sumber Daya Manusia nya (SDM) di desa wisata juga diberi pelatihan terkait bagaimana cara untuk menghandel tamu, menerapkan standar pelayanan untuk usaha home stay, hingga menjaga kebersihan lingkungan," ungkapnya.

Pergelaran festival tersebut, kata Yasa untuk meningkatkan angka kunjungan juga sebagai upaya pemkab mendorong ekonomi kerakyatan.

"Alam festival nanti akan ada pameran yang menggandeng pelaku usaha kecil atau UKM. Karena festival ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan," katanya.

Festival ini untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) maupun wisatawan domestik (Wisdom) ke Kabupaten Tabanan, pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Dispar Tabanan terus melakukan sejumlah terobosan.

 

 

(ES/ES)
  1. Festival di Tabanan
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
Pariwisata